Saudi Aramco dan SABIC, Rekomendasi Perusahaan BUMN Arab Saudi Untuk Tenaga Kerja Asing

Admin,
9 Februari 2022 - 19:59

Sebagai negara penghasil minyak terbesar di dunia, perekonomian Arab Saudi juga turut menguat. Namun itu saja tidak cukup, sebab negara ini mulai melakukan rencana lain non-minyak yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu yang dilakukan yakni membentuk usaha milik negara.

Badan Usaha Milik Negara Arab Saudi bergerak dalam berbagai sektor dan berfokus pada pengolahan sumber daya, salah satunya yakni manusia. Dengan menyerap tenaga kerja baik lokal maupun asing, berikut BUMN rekomendasi untuk Anda yang ingin berkarir di UEA.

  • Saudi Aramco

Saudi Aramco merupakan perusahaan minyak terbesar di dunia. Perusahaan ini memiliki pendapatan tahunan sekitar USD 465 miliar. Dengan angka tersebut artinya mereka telah menyumbangkan 85% hingga 95% dari anggaran tahunan pemerintah.

Standrd Oil dan Texas Oil Company (Texaco) mendirikan Arabian American Oil Company atau Aramco pada tahun 1944. Selama bertahun-tahun secara bertahap Arab Saudi membeli perusahaan-perusahaan milik Amerika dan sejak 1980, pemerintah negara tersebut sepenuhnya memiliki Aramco. Skala produksi minyak Kerajaan dan perannya sebagai salah satu pendiri OPEC memberinya pengaruh besar di pasar energi.

  • SABIC

SABIC adalah perusahaan milik negara yang awalnya dikembangkan pada tahun 1975 sebagai sampingan dari produksi minyak serta gas. Saat ini, telah menjadi perusahaan kimia ketiga terbesar di dunia yang memperkerjakan lebih dari 34.000 orang di 50 negara.

Saham SABIC dimiliki oleh pemerintah sebanyak 70 persen dan 30 persennya diperdagangkan di bursa saham Arab Saudi. Perusahaan ini memiliki empat unit bisnis strategis, yakni petrokimia, agrinutrisi, spesialisasi dan logam.

Baru-baru ini pembuat kebijakan Saudi memutuskan untuk menggabungkan SABIC dan Saudi Aramco. Pada bulan Maret 2019, Saudi Aramco mengumumkan akan membeli saham mayoritas di SABIC sebesar USD 69,1 miliar.

 

Kedua perusahaan BUMN di atas memberikan kesempatan kepada calon tenaga kerja yang memiliki skill mumpuni. Apakah Anda tertarik?

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp